Tips Menyembuhkan Penyakit Radang Tenggorokan

Beraktifitas dengan kondisi badan yang tidak fit tentu sangat menyusahkan. Apalagi hanya sakit ringan yang membuat Anda tidak bisa cuti, seperti sakit tenggorokan.

Sakit tenggorokan atau yang biasa dikenal dengan radang tenggorokan ini disebabkan oleh infeksi dari bakteri. Penyakit ini ditandai dengan nyeri di tenggorokan dan pada beberapa orang bisa sampai demam.

Untuk mengatasi sakit tenggorokan ini, selain minum obat jika memang diberikan oleh dokter, Anda bisa mengonsumsi makanan yang kaya akan gizi. Menurut situs Health Me Up, ada 10 makanan bernutrisi yang dapat menyembuhkan sakit tenggorokan:

Pisang
Teksturnya yang lembut membuat pisang sangat mudah ditelan, termasuk bagi orang yang sedang radang tenggorokan. Kandungan vitamin B6, kalium dan vitamin C yang terdapat di dalamnya akan membantu menyembuhkan sakit pada tenggorokan.

Sup Ayam
Mungkin banyak dari Anda yang ketika kecil sakit tenggorokan diberikan sup ayam oleh ibunda tercinta. Ternyata sup ayam berfungsi sebagai anti peradangan dan mencegah virus yang masuk ke dalam tubuh. Tambahkan wortel, seledri, lobak, ubi jalar dan bawang putih dalam sop ayam untuk menambah khasiatnya.

Jus Lemon dengan Madu
Campuran lemon dan madu akan meredakan sakit tenggorokan Anda dengan baik. Minuman ini juga mampu mendinginkan tenggorokan dan meredakan rasa sakit saat menelan.

Telur
Protein yang terkandung di dalam telur akan membantu menangani peradangan dan rasa sakit pada tenggorokan. Masaklah menjadi telur dadar, dan ingat untuk tidak menambahkan bumbu apapun ke dalamnya. Namun, sebaiknya Anda hanya menggunakan putih telurnya saja.

Teh Jahe atau Teh Madu
Selain merupakan sajian yang lezat, teh jahe atau teh madu bisa menjadi cara yang luas biasa untuk menangani tenggorokan gatal. Madu berfungsi melapisi tenggorokan dan dapat mencegah iritasi.

Oatmeal
Oatmel yang kayak akan serat akan membantu dalam menurunkan kadar kolesterol buruk dalam tubuh. Makanan yang menjadi andalan bagi orang-orang dalam program diet ini memiliki kandungan protein yang berguna untuk memulihkan tubuh. Tambahkan pisang atau madu dalam semangkuk oatmeal, dan Anda akan merakasakan khasiatnya.

Sage
Sage atau tumbuhan Salivia officinalis ini telah digunakan sebagai bahan ramuan obat sakit tenggorokan sejak jaman dulu. Sage yang kaya akan kandungan oksigen, flavonoid dan asam fenolik ini dapat ditambahkan dalam secangkir teh hangat.

Pasta Gandum
Pasta yang berbahan dasar gandum penuh dengan gizi, serat, zat besi, dan vitamin B1, B2, B3 dan E ini dapat mempercepat penyembuhan radang tenggorokan. Rebus sampai benar-benar matang pasta gandum Anda, kemudian tambahkan saus rendah lemak untuk menambah selera makan.

Wortel Rebus
Wortel dapat menyembuhkan sakit tenggorokan Anda dengan kandungan gizi yang di dalamnya, tetapi mereka harus dikukus atau direbus terlebih dahulu. Wortel mentah hanya akan memperparah sakit tenggorokan karena teksturnya yang tidak lembut. Selain itu, wortel juga penuh nutrisi, seperti vitamin A, vitamin C, vitamin K, serat dan potasium.

 

Minum es cukup menyegarkan saat dahaga di siang hari. Tetapi, jika tubuh tidak fit, radang di tenggorokan bisa saja terjadi setelah minum air dingin tersebut. Akibatnya, makan dan minum pun terganggu.

Memang, cuaca tidak menentu dari panas terik kemudian hujan deras bisa menjadi salah satu pemicu munculnya penyakit seperti demam, flu, dan radang tenggorokan. Radang tenggorokan sendiri merupakan penebalan di  dinding tenggorokan atau bengkak dan sakit bila digunakan untuk menelan makanan maupun minuman.

Dokter RS Dr. Sardjito, Probosuseno mengatakan pada dasarnya radang tenggorokan disebabkan beberapa pemicu. “Sebabnya bisa virus, iritasi karena flu batuk, bakteri, alergi. Butuh asupan gizi dan istirahat.

Pemicu paling besar, lanjutnya yakni virus yang biasanya menyebabkan selesma atau flu yang kemudian mengakibatkan radang di tenggorokan. Virus dan bakteri akan menyerang ketika kondisi tubuh tidak fit.

“Bila kondisi capek, cuaca panas lalu minum es dan merokok, bisa saja kemudian merasa gatal dan perih di tenggorokan. Perubahan suhu yang ditimbulkan bisa menyebabkan iritasi,” lanjutnya.

Dikatakan dia, radang tenggorokan akibat infeksi virus bisa dikenali dengan gejala-gejala seperti perih gatal dan kering di tenggorokan, batuk dan bersin, demam, suara serak, hidung meler, kesulitan menelan, pembengkakan di daerah laring, dan peningkatan produksi air liur dalam mulut.

Penyakit yang menyerang saluran pernapasan bagian atas ini, kata Probosuseno biasanya merupakan gejala awal dari influenza yang disebabkan virus. Radang tenggorokan sebenarnya tidak memerlukan pengobatan medis secara khusus. Yang lebih diutamakan adalah asupan gizi yang optimal untuk memulihkan kondisi tubuh dan meningkatkan daya tahan.

Apabila penyebab radang tenggorokan adalah virus, biasanya akan sembuh sendiri dalam waktu lima sampai tujuh hari. Namun radang tenggorokan disebabkan oleh bakteri dapat diberikan antibiotik.

Pencegahan

Gejala radang tenggorokan menjelang influenza merupakan bekerjanya virus yang akan sembuh dalam beberapa hari. Tetapi, beberapa langkah bisa dilakukan sebagai proses pencegahan agar penyakit tidak bertambah parah. “Biasanya disarankan minum air putih sebanyak mungkin, makan bergizi dan istirahat,” kata Aggraeni, pasien Probosuseno.

Selain ketiga hal itu, hal yang perlu dihindari yakni konsumsi makanan berminyak dan berlemak, minum air es, sementara bagi perokok aktif disarankan untuk menghindari rokok dan juga begadang.

Untuk membantu pemulihan kata Anggraeni, juga bisa dilakukan dengan berkumur dengan air garam yang hangat, makan buah-buahan tetapi yang tidak berasa asam seperti jeruk, dan minum air putih hangat.

Semoga bermanfaat dan cepat sembuh ya… ^_^ …

Bacaan Kesehatan Yang Lain:

Menjaga Agar Jantung Tetap Sehat

Kebiasaan Makan & Kanker Untuk Kesehatan

Gaya Hidup Sehat Dengan Pisang

Cara Mengobati Radang Tenggorokan Berkelanjutan

Bahaya Susu Botol Bagi Balita

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: