Monumen Nasional Jakarta atau Monas

monasSalah satu daerah wisata di daerah ibukota Indonesia adalah Monumen Nasional atau orang lebih mengenalnya dengan sebutan Monas. Adalah sebuah tugu peringatan setinggi 132 meter (433 kaki), yang didirikan untuk mengenang perlawanan dan perjuangan rakyat Indonesia untuk merebut kemerdekaan dari pemerintahan kolonial Hindia Belanda.

Terletak di tengah Lapangan Medan Merdeka yang diapit oleh beberapa bangunan disekitarnya. Disebelah utara ada Istana Negara dan Mabes Angkatan Darat. Sebelah barat ada Museum Nasional, Mahkamah Konstitusi, Gedung Indosat. Sebelah selatan ada Kantor Guberbur DKI Jakarta, Kedutaan Besar Amerika Serikat. Sebelah Timur ada Stasiun Gambir, Gedung Kwartir Nasional / Pramuka, Gereja GPIB Immanuel.

Pembangunan Monas memakan waktu yang lama karena keterbatasan teknologi saat itu. Dimulai dari tanggal 17 Agustus 1961 dibawah pemerintahan Sukarno, dan dibuka untuk umum pada tanggal 12 Juli 1975.

Anda dan keluarga dapat mengunjungi bagian dasar monumen terlebih dahulu. Dengan luas 80×80 meter, dapat menampung sekitar 500 orang. Diruang ini terdapat Museum Sejarah Nasional Indonesia. Terdapat 48 Diorama pada keempat sisi dan 3 dioarama ditengah. Menampilkan sejarah masa pra sejarah sampai perjuangan bangsa Indonesia menggapai kemerdekaan.

Diatasnya terdapat cawan monumen yang terdapat Ruang Kemerdekaan berbentuk amphitheater. Diruang ini terdapat naskah asli Proklamasi Kemerdekaan Indonesia yang disimpman dalam kotak kaca. Disini juga terdapat beberapa rekaman suara waktu naskah Proklamasi disuarakan oleh Sukarno, lagu Padamu Negeri juga akan keluar pertama kali. Bendera Pusaka juga sebenarnya ada untuk dipamerkan, tetapi karena usianya yang sudah terlalu tua, maka disimpan untuk di jaga keasliannya.

Sebuah lift ukuran 11 orang terdapat ditengah ruangan siap untuk membawa Anda ke puncak monumen. Pelataran atas tesebut dapat menampung 50 orang sekaligus. Tidak usah kuatir masalah darurat. Karena di sekeliling lift ada tangga darurat yang terbuat dari besi.

Bila Anda sudah capek dan ingin beristirahat, tidak usah kuatir. Karena disekitar lapangan sudah terdapat taman kota yang cukup luas dan ada rusa totol yang berkeliaran didalamnya. Anda dapat menghirup udara segar sambil berolahraga mungkin!

Monumen dan Museum dibuka setiap hari mulai pukul 08:00 – 15:00 WIB. Pada hari senin diakhir bulan, Monumen dan Museum tutup. Selamat menikmati rekreasi di ibukota Indonesia ini.

Sumber : id.wikipedia.org

One Response to Monumen Nasional Jakarta atau Monas

  1. Ping-balik: Gunung Semeru, Bukan Sekedar Gunung Api Tertinggi Di Pulau Jawa « Natumirian Yahya Kantum

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: