Kedelai, si Penghambat Kolesterol

Sebagai sumber makanan yang berprotein tinggi dan bervitamin lengkap, kedelai memang dikenal mampu memenuhi kebutuhan zat gizi dalam tubuh tanpa dibebani kekhawatiran kelebihan lemak, seperti kalau kita mengkonsumsi protein hewani. Ini disebabkan kadar lemak dalam kedelai yang rendah namun nilainya sangat tinggi, karena kedelai memiliki susunan asam-asam lemak tak jenuh esensial, seperti asam linoleat dan linolenat. Bahan ini menurut penelitian mampu mencegah timbulnya penyakit yang disebabkan mengerasnya pembuluh-pembuluh nadi (anteriosklerosis)

Para ahli kesehatan dari Universitas Kentucky, Lexington, menemukan bahwa pria dan wanita yang makan sedikitnya 30 gram kedelai setiap hari, kadar kolesterolnya menurun 9%, dan kemungkinan terkena penyakit jantung menurun sekitar 18-28% (Kompas, 30 Maret 1997).

Namun asam lemak tak jenuh ini tidak dapat disintetis oleh tubuh kita, maka disebut essential faty acids (EFA). Untuk memenuhi kebutuhan tersebut, dalam menu makanan sehari-hari sebaiknya mengandung kedelai. Dalam setiap 100 gram kacang kedelai diketahui mengandung asam linoleat sebesar 7,9 gram. Selain itu, kedelai juga mengandung zat gizi lain, yaitu lechitin yang mempunyai kemampuan mengemulsifikasi lemak dan menjadikan lemak mudah dicerna.

Bagi para penderita penyakit jantung dan mereka yang ingin terhindar dari gangguan kelebihan lemak yang sangat berpengaruh negatif terhadap pembuluh darah, kebiasaan mengkonsumsi makanan yang mengandung asam lemak tak jenuh ini sangat penting. Tak heran bila bahan pangan kedelai termasuk pilihan makanan yang dipercaya dapat menurunkan kadar kolesterol dalam darah.

Di Indonesia, kedelai banyak diolah menjadi tempe, tahu dan yang belakangan kian digemari adalah susu kedelai.

Apabila Anda mau menikmati kedelai tanpa harus bersusah payah. Saat ini tersedia produk susu kedelai dalam bentuk bubuk yang praktis dan mudah disiapkan. Mulailah dari sekarang membentengi tubuh Anda dengan protein kedelai yang berkhasiat tinggi.

(Intisari/Nestle/NYK)

Posted from WordPress for Android

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: